Mengintip Keseruan Global Reading Day 2

DSC_0837

Halo Sobat ARC UPT Bahasa!

Ada yang ikutan Global reading Day 2 kemarin? Seru kan!
Kegiatan ini merupakan monthly event yang kita hadirkan sebagai wadah menyalurkan minat membaca bagi para sobat semua. Seperti yang kita semua ketahui, budaya literasi di Kalimantan Barat masih tergolong rendah dikarenakan beberapa alasan, yaitu kurangnya fasilitas atau sumber membaca, serta terbatasnya kegiatan-kegiatan yang mendorong para generasi muda agar giat membaca.

Di Global Reading Day kali ini, Academic Resource Center (ARC) UPT Bahasa Untan menawarkan beragam pilihan kegiatan untuk para sobat. Seperti bulan sebelumnya, kita masih mengadakan Global Reading Challenge dimana para sobat bisa berlomba-lomba untuk membaca sebanyak mungkin dalam waktu yang telah ditentukan. Selain itu, ada juga Scavenger Hunt Competition dimana para sobat akan bersaing dengan partisipan lainnya dalam mencari buku yang sesuai dengan kriteria lomba. Seru sekali lho melihat para pengunjung ARC berlari kesana kemari untuk mencari buku-buku tersebut sebelum waktu yang ditentukan selesai. Mereka saling tertawa dan bertepuk tangan ketika salah satu dari mereka keluar sebagai pemenangnya.

Nah, di Global Reading Day 2 kali ini kita menawarkan kegiatan yang baru juga untuk para sobat. Ada Music & Memory di acara kita kali ini. Pada kegiatan ini, para pengunjung UPT Bahasa akan menyanyikan lagu-lagu dalam berbagai bahasa.  Setelah menyanyikan lagu tersebut, mereka diperkenankan bercerita mengenai lagu yang membawa kenangan. Seru sekali ya! Kita tidak hanya belajar pronunciation dan membaca lirik saja, namun juga bisa bercerita dan having fun! Saking serunya, Bapak Rektor kita Prof. Dr. Garuda Wiko, SH, M. Si ikut menyumbangkan satu lagu juga. Suara bapak bagus sekali lho!

Untuk para pengunjung ARC yang senang bermain board games, kita juga ada lho! Pada Global Reading day 2 kemarin, ada dua board games yang kita kompetisikan saat itu, yaitu Scrabble dan Clue. Di kompetisi Scrabble, banyak dari sobat yang belum pernah memainkannya sebelumnya dan ketika sudah diarahkan oleh para staff ARC, mereka menjadi ketagihan untuk bermain Scrabble. Ini merupakan media yang tepat untuk menambah perbendaharaan kosa-kata bahasa Inggris kita. Selain itu, pada board game Clue, para sobat akan bermain memecahkan kasus-kasus pembunuhan. Wow layaknya Detektif Sherlock ya! Permainan yang dimainkan oleh 6 orang ini sukses membuat para sobat berfikir keras dalam menganalisis kasus-kasus, dan sekaligus mengasah Reading skill dalam membaca petunjuk-petunjuk dalam Bahasa Inggris.

Gimana? Seru sekali ya!
Kalian jangan sampi ketinggalan Global Reading Day 3 bulan depan ya!

UPT Bahasa Untan
A Solution for Better Human Resources

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *