PELATIHAN BIPA (BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING)

Pelatihan Bipa
Image source: http://badanbahasa.kemdikbud.go.id/

Deskripsi Pelatihan BIPA

Selain sebagai pusat pengembangan bahasa asing, Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bahasa Untan juga ikut berperan aktif dalam mempopulerkan penggunaan bahasa Indonesia terutama di kalangan penutur asing melalui program Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA). Pelatihan BIPA ini adalah program yang menekankan kepada pengembangan penggunaan bahasa Indonesia untuk digunakan sebagai media komunikasi sehari-sehari. Pelatihan BIPA ini menargetkan mahasiswa internasional, para pekerja asing, turis/pebisnis yang berencana menetap dalam waktu lama, atau para WNA yang memiliki pasangan warga negara Indonesia. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat menggunakan ungkapan sehari-hari dan berkomunikasi secara sederhana guna menunjang kehidupan bermasyarakat mereka selama berada di Indonesia.

Tujuan pelatihan

  • Peserta pelatihan dapat memperkenalkan diri kepada lingkungan sekitarnya secara formal maupun non-formal dalam berbagai situasi.
  • Peserta pelatihan dapat berkomunikasi secara sederhana yang membutuhkan pertukaran informasi dengan orang disekitarnya.

Waktu dan Tempat Pelatihan

Jumlah pertemuan Pelatihan BIPA adalah sebanyak 16 kali pertemuan dan dilaksanakan 2 kali seminggu selama 2 bulan. Pelatihan ini bertempat di gedung UPT Bahasa Untan yang beralamat di Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Komplek Universitas Tanjungpura.

Penilaian

Evaluasi akhir dari pelatihan ini didasarkan kepada kehadiran dan beberapa ujian, yaitu ujian progres dan ujian akhir.

Biaya

NO

NAMA PELATIHAN

MAHASISWA UNTAN

UMUM / S 2

DOSEN

KETERANGAN

1

BIPA

Rp 300.000,-

Rp 450.000,-

 

MINIMAL 5 ORANG

Pendaftaran

Alur pendaftaran:

  1. Sebelum mendaftar calon peserta diharuskan mempersiapkan kartu tanda pengenal seperti Kartu Tanda Mahasiswa (KTM), KITAS, atau Kartu Pelajar.
  2. Calon Peserta mendaftar pada bagian pendaftaran (Front Desk) di gedung UPT Bahasa Untan di Jalan Prof. Dr. Hadari Nawawi Untan di depan Fakultas Ekonomi, Telp: 0853-4922-0161.
  3. Pada saat mendaftar calon peserta harus membawa kartu tanda pengenal serta mengisi form pendaftaran sesuai arahan petugas.
  4. Setelah melakukan proses pengisian formulir dan pendataan, calon peserta melakukan pembayaran di kantor BNI terdekat.
  5. Selain itu pembayaran biaya pelatihan dan jasa UPT Bahasa Untan bisa melalui ATM BNI bagi calon peserta yang memiliki ATM rekening BNI.
  6. Selanjutnya calon peserta yang telah melakukan pembayaran, harus memberikan tanda bukti pembayaran dari BNI atau ATM BNI ke petugas pendaftaran UPT Bahasa Untan untuk dilakukan proses pendataan akhir.
  7. Setelah semuanya telah terkonfirmasi, calon peserta tinggal menunggu jadwal pelatihan yang akan diumumkan pada website UPT Bahasa Untan (uptbahasa.untan.ac.id) atau calon peserta akan mendapatkan pemberitahuan langsung via telpon dari UPT Bahasa Untan.
  8. Kelas akan dimulai jika jumlah peserta telah mencapai kuota (min. 5 orang)

 

Selain Pelatihan BIPA, UPT Bahasa Untan juga memiliki kelas lainnya seperti kelas bahasa Perancis, bahasa Jepang, bahasa Arab, bahasa Korea, dan bahasa Jerman. Untuk saat ini, bahasa Perancis dan bahasa Jepang telah aktif membuka kelas dan mendapat respon yang sangat positif dari kalangan mahasiswa dan umum. Bagi anda yang tertarik untuk mengikuti kursus bahasa Perancis, dapat langsung menghubungi laman resmi Kedai Perancis. Untuk kelas bahasa Jepang, informasi persyaratan dan pendaftaran, dapat menghubungi UPT Bahasa Untan via telpon di 085349220161 atau email di uptbahasa.untanptk@gmail.com.