Proofreading/Editing

proofreading

Salah satu tahap yang mutlak dilakukan agar sebuah teks atau esai dapat dibaca serta dipahami dengan baik oleh tim penilai adalah melalui tahap proofreading/editing. Apa itu proofreading? Proofreading adalah proses peninjauan kembali sebuah teks dilihat dari aspek kebahasaan dan penulisannya. Tujuannya adalah guna mengecek kembali bahwa teks atau esai yang akan diserahkan sudah bebas dari kesalahan pengetikan (typo), kesalahan ejaan, kesalahan grammar, atau kesalaha-kesalahan mendasar lainnya. Hal ini terutama ketika kita menulis bukan menggunakan bahasa pertama kita (Bahasa Indonesia). Seringkali, ada beberapa kesalahan minor yang kita lakukan namun cukup menggangu kenyamanan penilai dalam membaca esai tersebut. Sehingga kita membutuhkan orang lain untuk mengecek kembali apakah esai yang kita tulis sudah cukup enak untuk dibaca. Tahapan proofreading ini sendiri lumrah dilakukan di lingkungan akademisi. Bahkan, dibeberapa jurnal, mereka mewajibkan para penulis untuk mem-proofread artikel mereka terlebih dahulu sebelum dikirim ke editor.

Sadar akan hal ini, UPT Bahasa Untan menyediakan layanan proofreading/editing bagi kalangan dosen, penulis, dan mahasiswa. Jasa ini bisa dimanfaatkan oleh para dosen/penulis yang berencana menerbitkan artikel mereka di jurnal-jurnal internasional. Bagi mahasiswa, layanan ini bisa digunakan utamanya bagi mereka yang ingin melamar beasiswa studi lanjutan. Hal ini karena para penyedia beasiswa biasanya akan meminta calon pelamar untuk menulis esai atau proposal yang berisi motivasi mereka melamar beasiswa. Sebab itu, layanan proofreading ini sangat membantu memudahkan para penilai dalam memahami maksud si penulis sehingga apa yang ingin dikatakan dapat tersampaikan secara sempurna.

Biaya

Layanan

Biaya

Terjemahan Inggris – Indonesia / Sebaliknya Rp 70.000 / Lembar jadi
Proofread Rp 100.000 / Lembar jadi
Penerjemah Tersumpah Rp 120.000 / Lembar jadi

Bagi para dosen, penulis, atau mahasiswa yang ini menggunakan layanan ini, , dapat datang langsung ke UPT Bahasa Untan di Jalan Prof. Dr. H. Hadari Nawawi Komplek Universitas Tanjungpura Gedung UPT Bahasa Untan. Bisa juga dengan menghubungi via sambungan telpon di 085349220161.

Selain jasa terjemahan, UPT Bahasa juga mempunyai beberapa program unggulan berupa Pelatihan Bahasa Jepang, pelatihan BIPA, Bahasa Perancis, Bahasa Korea, Bahasa Arab, dan Bahasa Jerman. Khusus Bahasa Perancis, informasi pendaftaran bisa menghubungi laman resmi Kedai Perancis.