ARC Scholarship Shortcut

scholarship
Halo sobat UPT Bahasa!

Selama bulan Agustus, ARC UPT Bahasa Untan telah mengadakan sebuah program serial mingguan dengan tema Scholarship Shortcut via Zoom Meeting. Scholarship Shortcut ini merupakan program terbaru ARC UPT Bahasa Untan dimana peserta dibimbing dan dilatih untuk mempersiapkan diri dalam memenuhi persyaratan untuk mendapatkan beasiswa di lembaga-lembaga beasiswa yang ada di dunia.

Pada seri pertama, tanggal 5 Agustus, peserta dibekali informasi terkait lembaga-lembaga beasiswa populer yang biasa “dikejar” oleh para scholarship hunter. Peserta juga mengenal jenis-jenis beasiswa yang ditawarkan mulai dari beasiswa penuh hingga parsial. Di akhir seri, peserta mengerjakan sebuah aktifitas yang mendorong mereka untuk meriset dan menentukan 2 lembaga beasiswa impian mereka agar lebih fokus. Pada seri berikutnya, peserta dikenalkan dengan jenis perkuliahan yang ditawarkan di negara-negara maju, termasuk menjelaskan perbedaan antara perkuliahan dengan jenis coursework, by research, atau mixed. Tidak lupa pula tips-tips dalam mendapatkan Letter of Acceptance (LOA) juga dibahas tuntas pada sesi ini.

Bagi para peserta yang merasa kesulitan dalam menulis essai, seri ketiga membahas tips-tips penulisan essai yang baik sebagaimana dipersyaratkan oleh pemberi beasiswa. Para peserta juga diminta untuk menghasilkan sebuah esai sebagai produk akhir dari seri ini. Pada minggu terakhir, peserta mendapatkan tips untuk mempersiapkan diri pada saat mengikuti tes wawancara beasiswa. Peserta dibekali dengan saran-saran dan ide sebelum dan pada saat sesi wawancara. Peserta juga belajar bagaimana menjawab beberapa soal yang paling umum ditanyakan pada saat interview.

Nah, bagi kalian para “scholarship hunters” yang sedang mempersiapkan diri untuk mendaftar di beasiswa tertentu, semoga kalian berkesempatan mengikuti program Scholarship Shortcut ini di momen selanjutnya ya!

Stay healthy and safe everyone!

See you on the next program!

UPT BAHASA UNTAN
A Solution for Better Human Resources

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *