Workshop Nasional FILBA 2020

filba

Halo Sobat UPT Bahasa!

Pada hari Minggu (16/08) kemarin telah terselenggara sesi pertama Workshop Nasional FILBA 2020 (Forum Institusi Layanan Bahasa). Workshop ini dilaksanakan mulai 16 Agustus hingga 20 September 2020 dan diikuti sebanyak 35 pesera yang berasal dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta di seluruh Indonesia. Program ini bertujuan untuk memberikan pelatihan bagi para dosen di lingkungan UPT Bahasa anggota FILBA dalam melaksanakan pembelajaran secara daring, mulai dari tahap merencanakan, melaksanakan, hingga evaluasi.

Para pembicara pada Workhsop FILBA 2020 ini merupakan para expert dibidangnya, seperti Dr. Naeema Hann (Inggris), Yuta Otake (Amerika), Dr Ibrar Bhatt (Inggris), Prof. Lori Czop Assaf (Amerika) dan Mary Wood (Amerika). Kelima pembicara tersebut akan mengisi masing-masing topik disetiap minggunya.

Acara ini berlangsung secara daring dan dibuka oleh Joko Priyana, MA., Ph.D selaku Ketua FILBA. Pada kesempatan itu, Pak Joko menekankan bahwa program workshop kali ini adalah lembaran pertama dari program-program profesional serupa yang akan dilaksanakan oleh FILBA sebagai bentuk kontribusi positif untuk meningkatkan mutu pelayanan bahasa. Untuk kedepannya, setelah rangkaian workshop ini selesai, FILBA berencana untuk mengadakan pelatihan khusus bagi para penerjemah di lingkungan UPT Bahasa perguruan tinggi Indonesia.

Pada sesi pertama Workshop FILBA 2020 ini, Dr. Naeema Hann dari Leeds Beckett University dengan topik mengenai “Materials Development for Online English Courses” yang memberikan banyak insight mengenai pembuatan silabus dan materi-materi yang menarik bagi kelas online. Selain itu, Dr. Naeema Hann juga menekankan pentingnya pemilihin materi yang sesuai dan menyenangkan bagi para peserta didik didalam kelas.

Sesi selanjutnya dari Workshop FILBA 2020 ini akan dilaksanakan pada tanggal 30 Agustus 2020 dengan pembicara Yuta Otake dari Amerika yang akan memberikan materi mengenai “Model Lesson Plan and Identifying an Online Lesson Plan”.

UPT Bahasa Untan

A Solution for Better Human Resources

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *